Sabtu, 05 November 2016

Pembelajaran Bahasa Arab


A. Maksud dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab
Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah agar siswa memiliki empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengar ((الاستماع berbicara (الكلام), membaca  (القراءة)dan menulis(الكتابة) . Untuk memantapkan empat keterampilan tersebut siswa diharapkan juga memiliki keterapilan pendukungnya berupa unsur kebahasaan, yakni berupa ucapan, tekanan kata, intonasi, kosa kata, frasa, ejaan, tulisan dan tata bahasa  (الأصوات والمفردات (التعابير السياقية والعبارات الاصطلاحية) والتراكيب االنحوية).
Dalam pembelajaran bahasa arab hendaknya siswa dikenalkan juga tentang budaya Arab, baik budaya lisan ataupun budaya tulisannya, karenanya dalam pembelajaran bahasa Arab guru diharapkan untuk membimbing siswa dalam mempraktikkannya, sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat menghantarkan siswa sebagaimana orang Arab berbahasa.
            Sebagai bagian dari kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka pembelajaran bahasa Arab dituntut dapat berkonstribusi dalam membentuk karakter siswa dengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, budaya timur tengah dan budaya universal kontemporer yang tidak bertentangan dengan Islam.

            Selanjutnya buku ini disusun untuk memberikan kemudahan dan pengayaan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan scientific. Guru diharapkan sebelum proses pembelajaran di kelas dilaksanakan terlebih dahulu memantapkan kesiapan, diantaranya dengan membaca keseluruhan  buku ini dan mengambil hal-hal yang releven dengan proses pembelajaran yang akan disajikan kemudian mengkreasi dan menyesuaikannya dengan karakteristik  siswa pada setiap kelas di madrasah masing-masing.

B. Format Penyusunan Buku Mata Pelajaran Bahasa Arab
 
Prinsip-prinsip Penyusunan
       Terdapat beberapa prinsip dalam penyusunan buku guru ini. Secara umum dalam semua pokok bahasan terintegrasi empat unsur kemahiran berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) walaupun ada penekanan khusus yang prosentasenya lebih tinggi sesuai dengan tujuan pembelajaran pada pokok bahasannya. Berikut gambaran umum pokok  bahasan materi pelajaran bahasa Arab:

 أ) المفردات والعبارات
Bagian ini ditempatkan pada awal setiap dars, mengingat penguasaan mufradat dan ibarat (ungkapan berupa frase atau klausa) merupakan kunci pertama dalam memahami teks hiwar, tarkib, qira’ah dan kitabah. Untuk itu dalam buku ini siswa dilatih agar mereka dapat melafalkan mufradat dan ibarat serta memahami arti atau makna masing-masing dengan baik dan benar, dengan menggunakan berbagai media, termasuk media audio, media gambar, tanya jawab, bahkan terjemah pada saat-saatnya secara tepat. Jumlahnya dalam setiap dars mencapai 20 – 25 kata dan ungkapan, lalu disusul (تدريبات على المفردات) untuk pemantapan dan evaluasi.  
 ب) الحوار
    Materi pelajaran ini berbentuk tanya jawab (الحوار) berpasangan antara dua atau tiga orang siswa dengan menggunakan struktur atau pola kalimat yang akan dimantapkan pada bagian (التركيب), Kemampuan hiwar seperti ini diharapkan  berkembang menjadi keterampilan berbicara (الكلام) jika didukung oleh lingkungan yang kondusif di madrasah.
ج) التركيب
Materi tarkib disajikan secara praktis dan fungsional, dipelajari dengan langkah-langkah الاستقرائيّة (induksi) atau القياسيّة (deduksi) atau memadukan keduanya, sesuai karakteristik tarkib yang dipelajari.  Sebagai pemantapan dan evaluasi disediakan (تدريبات على التركيب).
 د) القراءة
Materi القراءة disusun dengan menampilkan mufradat yang telah dikenalkan pada bagian المفردات والعبارات  dengan struktur dan pola kalimat terutama yang diajarkan pada dars yang bersangkutan. Pembelajaran dimulai dengan tanya jawab tentang kandungan qira’ah secara umum, diikuti kegiatan menirukan, membaca secara bergiliran, dan memahami bahan bacaan, termasuk dengan cara tarjamah sebagai alternatif terakhir. Selain itu, pembelajaran dapat pula  diawali dengan  membaca dalam hati (القراءة الصامتة).  Kemudian kegiatan تدريبات على القراءة  dilakukan sebagai pemantapan dan evaluasi.
ه) الكتابة
Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk insya muwajjah, dimaksudkan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata/struktur kalimat dan mufradat yang telah dipelajari dalam tarkib dan  qira’ah dars bersangkutan dan dars-dars lain sebelumnya. Untuk menghemat waktu, sebagian atau semua materi kitabah dapat dikerjakan oleh siswa sebagai pekerjaan rumah (PR).

Mendiskusikan hasil koreksian pekerjaan siswa, secara perorangan maupun kelompok sangat besar manfaatnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar